Business Strategy to Post-Covid-19 Economic Recovery in Toserba Cempaka, Bali

Authors

  • Zannatul Maridah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yuliati Yuliati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.19184/jeam.v22i1.36331

Keywords:

Department Store, MSME Strategy, Covid 19

Abstract

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu jenis usaha yang paling produktif di Indonesia hingga saat ini. UMKM di Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dan berdampak besar bagi perekonomian nasional. Pesatnya perkembangan UMKM di Indonesia sangat didukung oleh pemanfaatan fasilitas teknologi, informasi dan komunikasi secara optimal. Namun, di masa pandemi COVID-19, perkembangan UMKM sangat tertekan, apalagi saat lockdown diberlakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui fenomena lapangan. Hasil kajian saat ini yang berjudul “Strategi bisnis pasca pemulihan ekonomi covid-19 di toserba cempaka celukan bawang, Bali†menjelaskan bahwa dalam membangun suatu usaha sangat perlu memperhatikan kondisi internal terutama sumber daya manusia yang kompeten

Keywords:  Department Store, MSME Strategy, Covid 19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, W. C., W. P. Ningtiyas, and N. Nurdiyah. 2021. Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP) 3 (1): 47–65.
Firdaus, Safira Aliyani, I. F. Ilham, L. P. Aqidah, Safir Aliyani Firdaus, S. A. D. Astuti, and I. Buchori. 2020. Strategi UMKM untuk meningkatkan perekonomian selama pandemi COVID-19 pada saat new normal. OECONOMICUS Journal of Economics 5 (1): 46–62.
Fitriyani, I., N. Sudiyarti, dan M. N. Fietroh. 2020. Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities 1 (2): 87–95.
Modjo, M. I. 2020. Memetakan jalan penguatan ekonomi pasca pandemi. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning 4 (2): 103–116.
Moleong, L. . 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nalini, S. N. L. 2021. Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 4 (1): 662–669.
Rulandari, N., N. F. Rahmawati, dan D. Nurbaiti. 2020. Strategi komunikasi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah pada era new normal. In Prosiding Seminar STIAMI, 7:21–28.
Siagian, A. O., and Y. Cahyono. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3 (1): 206–217.
Sugiyono, P. D. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukanta, T. 2020. Analisis Strategi Bersaing dan Strategi Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi COVID-19. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi) 12 (1): 37–53.
Tajudin, A. B. A. 2020. The Covid-19 Situation: The Role of Guiding Principles in Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) in ASEAN Economic Recovery. In The 2nd International Conference of Law, Government and Social Justice (ICOLGAS 2020), 346–352. Atlantis Press.

Downloads

Published

2023-04-27

Issue

Section

Articles