Pengaruh Brand Image (RANNA) dan Promosi e-WOM terhadap Daya Beli Konsumen Mahar Akrilik di Galeri Mahar Cantik Jember

Authors

  • Salsabila Munawir universitas PGRI argopuro jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jeam.v24i1.53715

Keywords:

Brand Image, EWOM, Purchasing Power, Digital Marketing, Acrylic Wedding

Abstract

This study aims to analyze the influence of Brand Image and Electronic Word of Mouth (e-WOM) promotion on consumer purchasing power of acrylic wedding at Galeri Mahar Cantik Jember. A quantitative approach using a survey method was employed, involving 93 respondents who were active consumers of the Instagram account @maharcantikjember. Data were collected via questionnaires and analyzed using validity and reliability tests, multiple linear regression, t-test, and F-test with SPSS 30. The results indicate that both brand image and ewom significantly affect consumer purchasing power, both partially and simultaneously. Brand image showed the most dominant effect with a coefficient value of 0.337. The implication of this research emphasizes the importance of strengthening brand image and digital promotion in enhancing consumer purchasing behavior, particularly in the creative wedding industry. These findings contribute to digital marketing strategies and business development through social media platforms

Keywords: Brand Image, EWOM, Purchasing Power, Digital Marketing, Acrylic Wedding

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azrullah, M. M. 2023. Pengaruh Jangka Waktu Pembayaran, Penanganan Komplain Dan E-Wom Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus pada Toko Bangunan Porong Jaya Bangil). Jurnal Transparan STIE Yadika Bangil 15 (1).

Burhan, I., Ilham, dan M. A. S. Saputra. 2022. Analisis Pengaruh Kebijakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Bosowa Berlian Motor Cabang Parepare. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan 6 (2): 187–197.

Chodidjah, S. 2021. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Lazada di Jakarta Timur. Majalah Ilmiah Panorama Nusantara 16 (2): 28–40.

Fadhlurrahman, M. R., dan S. Sunaryo. 2022. Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Brand Image Dan Trust. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen 1 (1): 122–131.

Firamadhina, F. I. R., dan H. Krisnani. 2021. PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal 10 (2): 199.

Fitri, A., M. Luthfi, dan M. S. I. Lubis. 2023. Efektivitas Media Sosial Whatsapp sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Penyelenggara Transfer Dana Bukan Bank pada Pt. Worldwide Express Remittance. Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media 6 (2): 26–36.

Hafidz, G. P., dan R. U. Muslimah. 2023. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 7 (1): 253–274.

Herlina, S., M. Syaifulloh, dan K. Iskandar. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Beli Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pada Batik BangSin Desa Dukuh Tengah Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes). Jurnal Kewarganegaraan 6 (2): 4816–4824.

Itu, M. A., A. H. J. Fanggidae, dan Y. F. Riwu. 2023. KEPERCAYAAN KONSUMEN & PROMOSI, BERPENGARUH PADA LOYALITAS PELANGGAN OVO DI KOTA KUPANG. GLORY: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial 4 (6): 1419–1428.

Khawari, R. I., dan N. Ilyas. 2023. Pengaruh Brand Image, Corporate Social Responsibility dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Customer Loyalty Charles & Keith Mall Senayan City. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi 1 (6): 1605–1622.

Kurniawan, K. J., R. Wahyudi, dan C. A. Hellyani. 2023. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kota Malang. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime) 1 (3): 231–242.

Kusumayanti, K., S. V. Kamanda, dan T. Hermansyah. 2022. Pengaruh Moderasi Citra Merek Terhadap Hubungan Antara Promosi Dan Loyalitas Pada Pelanggan Shopeefood Di Batuaji Batam. Jurnal Al-Amal 1 (1): 39–46.

Lestari, A. D., dan R. Syarif. 2021. Pengaruh Green Marketing, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken: Studi Kasus KFC Buaran Plaza. Jurnal Ikraith Ekonomika Vol. 4 (No. 3): 290–299.

Marliani, N. 2022. Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 2016-2020. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) 14 (1): 11–20.

Masruroh, D., R. S. Harapan, dan D. Wibisono. 2023. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Konsumen Wanita Monokrom Store Yogyakarta). Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 3 (2): 112–128.

Nurfidah, N., A. Armin, dan F. Farid. 2023. Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru (Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima) Tahun 2022. Business Management 2 (1): 10–22.

Oktaviani, A., A. Maulana, dan R. Firmansyah. 2023. Peranan Media Sosial Facebook dalam Meningkatkan Komunikasi Pemasaran di Era Digital. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi 2 (2): 143–150.

Pakpahan, E., S. P. R. Manalu, E. Harun, dan H. Lubis. 2022. Pelatihan Pengolahan Data Dengan Spss Bagi Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dihen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien 1 (2): 14–20.

Putri, T. F., dan M. Tuti. 2022. Pengaruh Citra Merek, Media Sosial Instagram, Dan Keragaman Produk Pada Electronic Word of Mounth Melalui Keputusan Pembelian. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis 3 (2): 62–76.

Rahma, S., M. Yusuf, dan A. F. Astuti. 2024. Pengaruh Korean Wave, Kesadaran Halal, Dan Harga Terhadap Daya Beli Korean Food Di Kota Jambi. eCo-Buss 6 (3): 1300–1314.

Riyanto, G. P., dan R. K. Nistanto. 2021. Mengenal Meta, Perusahaan Baru Facebook, Instagram, dan WhatsApp. www.kompas.com.

Riyanto, G. P., dan W. K. Pertiwi. 2024. TikTok Shop Resmi Berubah Nama Jadi Shop Tokopedia. www.kompas.com.

Rohmah, A. F. A., A. C. Fradani, dan A. Indriani. 2023. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis 1 (2): 110–117.

Salomita, C., M. Tamba, dan N. Nurminingsih. 2023. Pengaruh Topik, Promosi dan Daya Beli Terhadap Keputusan Pembelian Buku (Studi Kasus : Buku Amji Attak Kisah Perjuangan Sang Bhayangkara Resimen Pelopor Brimob Polri). Jurnal Administrasi dan Manajemen 13 (4): 359–367.

Sari, A. J. D. P., dan D. K. H. Soedjoko. 2024. ANALISIS BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KLINIK KECANTIKAN LORIS KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis 3: 947–955.

Setyorini, D. 2024. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Daya Beli Pelanggan pada Platform E-commerce di Kota Medan. Jurnal Penelitian Inovatif 4 (1): 73–78.

Sia, I. E. A., N. W. M. S. A. Yani, dan L. E. Susanti. 2023. Pengaruh Brand Image dan Promosi Traveloka terhadap Minat Beli Kamar Hotel di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis 2 (1): 232–247.

Sofiatullah, P. A. 2024. Dampak Daya Beli terhadap Keputusan Pembelian Produk Mebel di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK) 6 (4): 335–342.

Syahira, A. N., dan A. Fatchiya. 2022. Efektivitas E-WOM melalui Instagram sebagai Media Pemasaran Viral Agroeduwisata di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 6 (3): 379–395.

Werdani, R. E., N. I. Kurniawati, J. B. Sukoco, A. Windriya, dan D. Iskandar. 2020. Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) 4 (1): 1.

Zakia, A., A. A. Adisti, dan A. Asmarani. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli Dan Tingkat Konsumsi (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3 (5): 2–9.

Zharifah, N., I. Sukoco, dan P. W. Tresna. 2025. Pengaruh Viral Marketing dan Fear of Missing Out terhadap Keputusan Pembelian Produk Bandung Cheesecuit 6 (3): 1731–1746.

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles